PENGARUH SIKAP DAN NORMA SUBJEKTIF TERHADAP NIAT MENGGUNAKAN PRODUK OBAT HERBAL DI KOTA BANJARMASIN

Authors

  • Muhammad Zaini Politeknik Unggulan Kalimantan
  • Jhudi Bonosari Soediono Politeknik Unggulan Kalimantan

DOI:

https://doi.org/10.36387/jiis.v3i2.179

Keywords:

sikap, norma subjektif, niat, obat herbal

Abstract

Tren penggunaan obat herbal di Indonesia menunjukkan peningkatan setiap tahun. Banjarmasin merupakan kota dengan jumlah apotek resmi dan toko obat berizin terbanyak di Kalimantan Selatan. Apotek dan toko obat merupakan lokasi strategis pemasaran obat herbal. Strategi pemasaran menjadi hal yang penting bagi industri obat untuk memperluas pangsa pasar, salah satunya dengan mempelajari kebutuhan konsumen. Penilaian terhadap kebutuhan konsumen mengenai penggunaan obat herbal dapat diuji dengan Theory of Reasoned Action (TRA).

Penelitian ini merupakan studi observasional bersifat deskriptif analitik dengan desain cross sectional study. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden dengan kriteria konsumen yang berdomisili di Banjarmasin, berusia 18 – 60 tahun dan pernah mengkonsumsi obat herbal. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner berupa kuesioner salient beliefs dan kuesioner model TRA. Analisis dilakukan menggunakan IBM SPSS Statistics 22.0 untuk uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik (normalitas, heteroskedastisitas, multikolinearitas) dan uji regresi linear berganda yang dilanjutkan dengan uji t dan uji F.

Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh secara bersama-sama sikap dan norma subjektif terhadap niat konsumen dalam menggunakan obat herbal dengan nilai sig. 0,000 (p<0,05), F hitung 11,703  (Fhitung>Ftabel). Secara parsial variabel sikap berpengaruh secara signifikan dengan sig. 0,000 (p<0,05), t hitung 3,947 (thitung>ttabel) dan variabel norma subjektif tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel niat konsumen dengan sig. 0,381 (p>0,05), t hitung 0,881 (thitung<ttabel).

References

Ajzen, I., 2005, Attitudes, Personality , Behavior, 2nd Edition, Open University Press, MiltonKeynes, England.

Aziz, 2011. Terapi Madu Hidup Sehat, Javalitera, Jakarta.

Bustanussalam, B, 2016, Pemanfaataan Obat Tradisional (Herbal) Sebagai Obat Alternatif. Biotrends, 7(1), 20-25.

Dharmmesta, B., S., dan Irawan, 2008, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.

Ditjen PEN, 2014, Obat Herbal Tradisional. Warta Ekspor, 1-20.

Ghozali, I., 2006, Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS, Cetakan Keempat, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Handayani, 2016, Potensi Herbal Indonesia Menjanjikan, http://www.beritasatu.com/kesehatan/395192-potensi-herbal-indonesiamenjanjikan.html, diakses tanggal 15 Agustus 2018

Hartanti, D, 2012, Kontaminasi pada Obat Herbal. PHARMACY: Jurnal Farmasi Indonesia (Pharmaceutical Journal of Indonesia), 9(03).

Hidayati, R. 2012, Analisis Kepuasan Konsumen Serta Pengaruhnya terhadap Loyalitas dan Perilaku Word of Mouth Konsumen Obat Herbal An Nur di Kota Yogyakarta, Tesis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Katno, P. S., 2010, Tingkat Manfaat dan Keamanan Tanaman obat dan Obat Tradisional. Balai Penelitian Tanaman Obat Tawangmangu, Fakultas Farmasi UGM, Yogyakarta.

Kemenkes RI1, 2018, Rekapitulasi Apotek Kalimantan Selatan, http://apif.binfar.depkes.go.id/grafikapotek2.php?prov=KALIMANTAN%20SELATAN, diakses tanggal 15 Agustus 2018

Kemenkes RI2, 2018, Rekapitulasi Toko Obat Kalimantan Selatan, http://apif.binfar.depkes.go.id/grafiktokoobat2.php?prov=KALIMANTAN%20SELATAN, diakses tanggal 15 Agustus 2018

Musfar, T. F., Sulistyowati, L., & Syifa, S. (2014). Pengaruh Keluarga dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Konsumen Membeli Kosmetika Khusus Pria (Studi Kasus Merek Nivea Men di Kota Pekanbaru). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 1(2).

Omar, U. H., & Putit, L., 2012, Consumer behavioral intention to use complementary alternative medicine. identity, 3, H5.

Prihapsara, F., & Velayanti, R., 2017, The Influence of Attitude and SubjectiveNorm Towards The Purchase Intention as Potential Consumer of Mouthwash Product. Journal of Pharmaceutical Science and Clinical Research, 2(01), 06-17.

Priyatno, D., 2010, Teknik Mudah Dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS. Penerbit Gava Media, Yogyakarta.

Priyatno, D., 2013, Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate dengan SPSS, Penerbit Gava Media, Yogyakarta.

Sari, LORK, 2006., Pemanfaatan Obat Tradisional dengan Pertimbangan Manfaat dan Keamanannya. Majalah Ilmu Kefarmasian, 3(1): 01-07.

Tilburt, J. C., & Kaptchuk, T. J, 2008, Herbal medicine research and global health: an ethical analysis, Bulletin of the World Health Organization, 86, 594-599.

Wiedyaningsih, C., 2013, Peresepan Racikan, Mengungkap Faktor Pendorong Dokter Meresepkan Racikan untuk Pasien Anak Rawat Jalan dengan Pendekatan Teori Perilaku Terencana (the Theory of Planned Behavior), Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Zaini, M., Satibi, & Lazuardi, L., 2014, Analisis Niat Konsumen Dalam Pemanfaatan Pelayanan Apotek. Jurnal Manajemen Dan Pelayanan Farmasi, 4(1), 17-24.

Published

2018-10-31

How to Cite

Zaini, M., & Soediono, J. B. (2018). PENGARUH SIKAP DAN NORMA SUBJEKTIF TERHADAP NIAT MENGGUNAKAN PRODUK OBAT HERBAL DI KOTA BANJARMASIN. Jurnal Ilmiah Ibnu Sina, 3(2), 275–284. https://doi.org/10.36387/jiis.v3i2.179

Issue

Section

Article