PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK PENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KONSELING OBAT PADA MAHASISWA S1 FARMASI

Authors

  • Ratna Restapaty STIKES Borneo Lestari
  • Nurul Mardiati STIKES Borneo Lestari

Keywords:

Video Pembelajaran, keterampilan komunikasi, konseling

Abstract

Dalam proses kegiatan belajar dan mengajar, pemilihan media pembelajaran yang tepat dan efektif sangat berpengaruh terhadap tercapainya tujuan pembelajaran. Media pembelajaran yang dapat digunakan sangat beraneka ragam, salah satunya adalah video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap keterampilan komunikasi dan konseling obat pada mahasiswa S1 Farmasi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Borneo Lestari Semester V Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian digunakan adalah The Randommized Control-Group Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam desain ini terdapat kelompok mahasiswa yang diberikan pre test dan post test.  Nilai sign berdasarkan uji wilcoxon menunjukkan 0,048 < 0,05 menunjukkan bahwasanya ada pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap keterampilan komunikasi dan konseling obat pada mahasiswa S1 Farmasi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Borneo Lestari Semester V Tahun Ajaran 2016/2017.

Author Biography

  • Ratna Restapaty, STIKES Borneo Lestari
    DOSEN TETAP PRODI S1 FARMASI STIKES BORNEO LESTARI- PENATA MUDA TK 1, ASISTEN AHLI III-B

References

Arsyad, A., 2009, Media Pembelajaran. Jakarta, Rajawali Pers.

Sadiman, dan Arief, S., 2005, Media Pendidikan, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Ayuningrum, F., 2012, Pengembangan Media Video Pembelajaran untuk Siswa Kelas X pada Kompetensi Mengolah Soup Continental di SMK N 2 Godean, Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta.

Mahadewi, L.P.P., 2006, Media Video Pembelajaran, Singaraja, UNDIKSHA Press.

Dewandaru, K.H. dan Yermiandhoko, Y., 2015, Pengaruh Media Video Pembelajaran terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPS Kelas di Sekolah Dasar, JPGSD, 03, 02, 2243-2252.

Suwandi, Dimyati, E., Yuniar, 2017, Efektivitas Penggunaan Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis dan Kemampuan Memahami Konsep Makna Denotasi dan Konotasi, JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2, 1, 175-181.

Daryanto, 2010, Media Pembelajaran, Yogyakarta, Gava Media.

Published

2018-12-27

Issue

Section

Articles

How to Cite

1.
PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK PENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KONSELING OBAT PADA MAHASISWA S1 FARMASI. JIFI [Internet]. 2018 Dec. 27 [cited 2024 Jul. 2];1(2):227-33. Available from: https://e-jurnal.stikes-isfi.ac.id/index.php/JIFI/article/view/229