PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN PESAN SINGKAT SEBAGAI PENGINGAT DAN MOTIVASI TERHADAP KUALITAS HIDUP PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DENGAN TERAPI ANTIDIABETIK ORAL

Authors

  • Baiq Leny Nopitasari Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Wirawan Adikusuma Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • GJ Rahma Dewi Asamuni Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.36387/jiis.v3i1.133

Keywords:

DM tipe 2, SMS, kualitas hidup, antidiabetik oral

Abstract

Diabetes Melitus merupakan penyakit yang ditandai dengan terjadinya hiperglikemia (tingginya kadar gula dalam darah). Kualitas hidup merupakan salah satu sasaran terapi manajemen DM sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan pesan singkat sebagai pengingat dan motivasi terhadap kualitas hidup dalam menunjang keberhasilan terapi pasien DM Tipe 2. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimental dengan mengambil data pasien secara prospektif  selama periode Juli - Agustus 2017. Subyek penelitian ini sebanyak 60 pasien DM tipe 2 dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kontrol sejumlah 30 pasien dan kelompok perlakuan sejumlah 30 pasien. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara serta pengisian kuesioner SF-36 untuk mengukur kualitas hidup. Kuisioner SF 36 memiliki 8 domain dimana semua domain memiliki perbedaan yang signifikan (P<0,05) sebelum dan sesudah perlakuan. Kualitas hidup pasien pada kelompok kontrol maupun perlakuan memiliki perbedaan yang sigifikan (P<0,05), dimana kualitas hidup pasien pada kelompok perlakuan lebih baik dibandingkan kualitas hidup pada kelompok kontrol. Dengan demikian pemberian layanan pesan singkat sebagai pengingat dan motivasi dapat meningkatkan kulitas hidup pasien diabetes melitus tipe 2.

References

Alfian, 2016, Hubungan Antara Pengetahuan Dengan Kepatuhan Tentang Penggunaan Insulin Pada Pasien Diabetes Mellitus Di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin, Jurnal Ilmiah Ibnu Sina, Vol.1 No.1

Alfian, R., Susanto, Y., Khadizah, S., 2017, Kualitas Hidup Pasien Hipertensi Dengan Penyakit Penyerta Di Poli Jantung RSUD Ratu Zalecha Martapura, Jurnal Pharmascience, Vol.4, No.1.

Al-Maskari M., Al-Shookri A., Al-Adawi S.,Lin K., 2011, Assessment of Quality of Life in Patients with Type 2 Diabetes Mellitus in Oman, Saudi Med J 2011; Vol. 32 (12): 1285-1290.

Buraerah, Hakim. Analisis Faktor Risiko Diabetes Melitus tipe 2 di Puskesmas Tanrutedong, Sidenreg Rappan,. Jurnal Ilmiah Nasional;2010 [cited2010 feb 17]. Availablefrom:http://lib.atmajaya.ac.id/default.aspx?tabID= 61&src=a&id=186192

Fenerty, S.D. et al., 2012. The effect of reminder systems on patients’ adherence to treatment. Patient Preference and Adherence, 6, pp.127–135.

Huang, D.P. dan L.W. Rooney. 2013. Starches for snack foods. CRC Press. New York.

Huang, H.-L. et al., 2013. Effects of and satisfaction with short message service reminders for patient medication adherence: a randomized controlled study. BMC medical informatics and decision making, 13, p.127.

Roux, P., Kouanfack, C., Cohen, J., Marcellin, F., Boyer, S., Delaporte, E., Cameri, P., Laurent, C., Spire, B., 2011, Adherence to Antirerrovial Tretment in HIV-Positiv Patient in The Cameroon Contex: Promoting The Use of Medication Remainder Methods, J Aoquir Immune DeficSyndr – Volume 57(6S), Supplement 1.

Walsh,J.C., Mandalia, S., Gazzard, B.G., 2012, Response to A Month Selg-Repert on Adherence to Antiretroviral Therapy are Consistent with Electronic Data and Virological Treatment Outcome, AIDS, 16: 269-77

Published

2018-03-31

Issue

Section

Article

How to Cite

PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN PESAN SINGKAT SEBAGAI PENGINGAT DAN MOTIVASI TERHADAP KUALITAS HIDUP PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DENGAN TERAPI ANTIDIABETIK ORAL. (2018). Jurnal Ilmiah Ibnu Sina, 3(1), 179-185. https://doi.org/10.36387/jiis.v3i1.133

Similar Articles

1-10 of 107

You may also start an advanced similarity search for this article.